Sindrom Nefrotik :
  • Sindrom nefrotik adalah kumpulan gejala klinis yang timbul dari kehilangan protein karena kerusakan glomerulus yang difus. (Luckmans, 1996: 953).
  • Sindrom nefrotik adalah penyakit dengan gejala edema, proteinuria, hipoalbuminemia dan hiperkolesterolemia kadang-kadang terdapat hematuria, hipertensi dan penurunan fungsi ginjal. (Ngastiyah, 1997).
  • Merupakan salah satu penyakit klinik glomerulus yang ditandai dengan protenuria massif >3,5 gram /24 jam / 1,73 m2 disertai hipoalbuminemia, edema, hiperlipidemia, lipiduria, dan hiperkoagulabilitas. ( Lestari Sukmarini, MN, 2009)

Etiologi
Sebab penyakit sindrom nefrotik yang pasti belum diketahui, akhir-akhir ini dianggap sebagai suatu penyakit autoimun. Jadi merupakan suatu reaksi antigen-antibodi. Umumnya para ahli membagi etiologinya menjadi:
1. Sindrom nefrotik bawaan
Diturunkan sebagai resesif autosomal atau karena reaksi maternofetal. Gejalanya adalah edema pada masa neonatus. Sindrom nefrotik jenis ini resisten terhadap semua pengobatan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah pencangkokan ginjal pada masa neonatus namun tidak berhasil. Prognosis buruk dan biasanya penderita meninggal dalam bulan-bulan pertama kehidupannya.

2. Sindrom nefrotik sekunder
Disebabkan oleh:
  1. Malaria kuartana atau parasit lain.
  2. Penyakit kolagen seperti lupus eritematosus diseminata, purpura anafilaktoid.
  3. Glumeronefritis akut atau glumeronefritis kronis, trombisis vena renalis.
  4. Bahan kimia seperti trimetadion, paradion, penisilamin, garam emas, sengatan lebah, racun oak, air raksa.
  5. Amiloidosis, penyakit sel sabit, hiperprolinemia, nefritis membranoproliferatif hipokomplementemik.
3. Sindrom nefrotik idiopatik ( tidak diketahui sebabnya )
Berdasarkan histopatologis yang tampak pada biopsi ginjal dengan pemeriksaan mikroskop biasa dan mikroskop elektron, Churg dkk membagi dalam 4 golongan yaitu: kelainan minimal,nefropati membranosa, glumerulonefritis proliferatif dan glomerulosklerosis fokal segmental


Sumber :
Guyton, Arthur, 1997. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Jakarta : EGC
Suharyanto, Toto, 2009. Asuhan Keperawatan Pada Klien Dengan Gangguan Sistem Perkemihan. Jakarta : EGC
PB.PAPDI, 2004. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid II. Jakarta : Balai penerbit FKUI
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar

tinggalkan pesan


ShoutMix chat widget