Waah...begitu baca berita ini, saya langsung intropeksi diri. karena saya termasuk dalam kategori orang yang sering tidur larut malam. menurut sumber yang saya baca, tidur larut malam memiliki efek yang tidak baik. Semua juga tau ya, tidur larut malam itu tidah baik bagi kesehatan, tapi saya baru dengar kalau tidur larut malam, alias kurang tidur membuat orang menjadi depresi.
Percaya atau tidak, terserah anda. Ini saya kutip sumber yang saya dapat, semoga bermanfaat :
NEW YORK - Orang yang tidur lewat dari tengah malam beresiko mengalami depresi. Bahkan, terlalu banyak tidur lewat pukul 00.00 dapat mendorong terjadinya aksi bunuh diri, iterutama bagi mereka yang hanya tidur kurang dari lima jam per hari.


Seperti dilansir Telegraph, Minggu (3/1/2010), remaja, yang tidur di atas jam 12 malam seringkali mengalami gangguan mental.

Menurut Dr James Gangwisch,seorang profesor dari Columbia University College of Physicians and Surgeons ,New York, sebaiknya remaja mulai mengistirahatkan fisiknya dengan tidur pada pukul 22.00 atau sepuluh malam.

"Hasil penelitian kami membuktikan bahwa kurang tidur beresiko membuat seseorang depresi,delapan jam merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh." ujar Gangwisch.

Studi dilakukan dengan meneliti sekira 15 ribu pelajar berusia 12 hingga 17 tahun. 24 persen diantaranya mengaku mengalami gangguan pikiran karena kurangnya waktu tidur.

Hasil penelitian menunjukkan remaja yang tidur di bawah jam 10 malam rata-rata tidur sekira delapan jam 10 menit. Waktu tersebut lebih lama sekira empat puluh menit dari responden yang tidur di atas jam 12 malam.

"Kualitas tidur mampu mencegah seseorang dari depresi berlebihan, mood mereka juga terhubung dengan kualitas tidur," kata Gangswitch.

Sumber :
http://techno.okezone.com/read/2010/01/03/56/290431/56/24-remaja-alami-depresi-karena-kurang-tidur


Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar

tinggalkan pesan


ShoutMix chat widget