pernah gak sih kamu LDR?
LDR atau long distance relationship, atau pacaran jarak jauh, adalah salah satu masalah yang dialami sebagian besar teman kita. tapi apakah LDR selalu menjadi masalah? yuk kita intip pendapat temen-2temen kita berikut :



1. "LDR buat aku bukan masalah besar, yang penting kedua belah pihak bisa saling jaga kepercayaan.."

2. "LDR adl komitmen untuk menjalin hubungan jarak jauh, harus saling percaya dan komunikasi yang cukup"

3. "Gua gak sanggup LDR, mending putus aja deh.."

4. "LDR adl hubungan yang memerlukan rasa pengertian dan komunikasi yang baik."

nah, itu sebagian pendapat dari temen-temen kita..

buat kamu yang mau menjalani LDR atau sedang menjalani LDR, kita bagi-bagi tips disini :

Komunikasi
sekarang jaman udah moderen, udah banyak teknologi canggih yang emudahkan kita berkomunikasi. jaman dulu, jaman orang tua kita, atau jaman nenek kakek kita, alat komunikasi favorit adalah surat menyurat. tapi sekarang komunikasi bisa lebih mudah dan cepat. mulai dari telepon, yang sekarang semakin sepi digunakan, sms, video call, chatting,dll..
jadi, gak perlu takut gak bisa komunikasi...
soal frekuensi komunikasi, tergantung kesepakatan bersama. sebaiknya masing-masing mengetahui situasi kapan pasangan kamu sibuk, kapan senggang.. jadi, niat baik kita gak malah mengganggu kegiatannya.

P3K (Percaya, Pengertian, Perhatian, dan Koreksi diri)
kalau kamu udah yakin mau LDR, berarti kamu harus percaya dengan pasangan kamu. ibarat membangun rumah, kepercayaan itu adalah sang 'fundamental'. selain percaya, juga harus menjaga kepercayaannya dengan gak berbuat yang 'berbahaya'.
buat kamu yang possessive, beri dia kelongkaran, tapi tetep ada tanggung jawab, kalo engga, dia bisa 'gerah' sama kamu. buat yang pasangannya pengertian, jangan 'main api'.
perhatian gak hanya untuk LDR, semua hubungan butuh perhatian. tapi mungkin pelaku LDR butuh perhatian lebih, karena ada saatnya dia merasa 'goyah'. sebagian orang yang LDR, kadang merasa iri dengan orang lain yang tidak LDR, disini lah perhatian lebih itu dibutuhkan.

pertimbangkan baik buruknya
LDR gak selalu buruk atau selalu baik. pertimbangkan baik buruknya sebelum menjalani atau melanjutkan lebih jauh.
buat list, tulis segi positif dan negatif jika kamu menjalani LDR dengannya. setelah itu kamu akan tau apa yang harus dilakukan selnajutnya.

Hindari sering berjanji
boleh berjanji jika kamu yakin akan menepatinya. tapi hindari terlalu sering berjanji,karena jika kamu sering tidak menepatinya, dia akan kecewa atau lebih parah, tidak akan percaya lagi dengan kamu.
justru sesuatu yang bersifat kejutan akan lebih berkesan, contohnya, kamu tiba-tiba datang saat perayaan ulang tahunnya.

selamat mencoba, semoga bermanfaat..



Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar

tinggalkan pesan


ShoutMix chat widget