Siapa yang tidak menginginkan impiannya terwujud, termasuk impian diterima di universitas yang diinginkan. Tapi untuk masuk universitas yang diinginkan tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, bukan? Walaupun begitu, tidak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha. Berikut ini beberapa tips untuk dapat masuk universitas impian anda. silakan disimak.

1. Tentukan target
Pastikan jurusan atau universitas yang anda inginkan. Jika anda tidak mempunyai target, maka anda tidak mempunyai titik fokus. Hal itu dapat mengakibatkan usaha yang anda lakukan akan setenga-setengah.
2. Latihan soal
Latih daya pikir anda dengan soal-soal bertaraf SNMPTN atau ujian seleksi masuk universitas lainnya. Ini bertujuan untuk mengasah ketajaman dan kecepatan daya tangkap otak anda untuk menganalisis dan mengerjakan soal-soal ujian seleksi masuk tersebut.
3. Latihan mental
Jangan ragu untuk mengikuti simulasi tes seleksi masuk universitas yang mulai marak diadakan. Dengan mengikuti simulasi-simulasi tersebut, anda akan bertemu ribuan 'calon pesaing' anda di SNMPTN ataupun ujian seleksi masuk lainnya.
4. Ukur kemampuan
Setelah menentukan target, latihan soal, dan mengikuti simulasi, ukur sejauh mana kemampuan anda, setelah itu barulah anda akan mengetahui langkah apa yang akan ditempus selanjutnya, seperti tingkatkan intensitas belajar, atau pindah haluan yang memungkinkan.
5.Atur Strategi
Ada istilah yang menyebutkan, "Orang pintar kalah dengan orang yang memiliki strategi". Strategi yang dimaksudkan dalam hal ini adalah bagaimana anda merancang sistem belajar anda dikaitkan dengan target pencapaian anda. Misalnya, Harry ingin mengambil jurusan ilmu sihir, di universitas abra cadabra. Ternyata setelah latihan soal dan mengikuti simulasi, Harry tidak lulus karena tidak mencapai passing grade yang diperkirakan penyelenggara simulasi. Berati, Harry harus membuat strategi, apakah Harry tetap memilih jurusan ilmu sihir di universitas Abracadabra dengan intensitas belajar yang lebih ditingkatkan, apakah Harry akan tetap memilih jurusan ilmu sihir, tapi pindah haluan ke universitas Simsalabim, atau Harry akan tetap memilih unuversitas Abracadabra tapi berganti jurusan lain?

6.Optimis
Yakin pada kemampuan diri sendiri, dengan catatan anda sudah menjalankan tips di atas.Optimis anda bisa diterima di universitas impian sesuai dengan strategi yang dibentuk.
7. Evaluasi
ulangi lagi tips no.2-5, sampai anda merasa yakin bahwa strategi anda tidak akan meleset.
8. Hasil kerja sendiri
Dalam mengerjakan simulasi, kerjakanlah soal-soal tersebut sendiri, untuk mengetahui secara lebih pasti kemampuan anda.

selamat mencoba

original post : lophim


Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar

tinggalkan pesan


ShoutMix chat widget